Film Romantis Bertema Pernikahan Rekomendasi Bridestory

by Noel Monique Renzita Nov 23, 2020 | 09:00 in Relationship Tips 

Colors:

  • Photography: Gettyimages

Film romantis memang kerap menjadi genre favorit. Bagaimana tidak? Penonton dibawa mengarungi alur cerita dramatis penuh cinta yang terkadang diselipkan bumbu komedi yang menghibur. Terlebih di masa sekarang, di mana kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, daftar film pilihan untuk ditonton adalah salah satu hal yang wajib dimiliki. Untuk itu, kami mengumpulkan judul film-film romantis dari Indonesia, Hollywood, Bollywood, hingga mancanegara lain yang mengangkat tema pernikahan.

Kisah tentang keseruan calon pengantin yang merencanakan pernikahan, drama keluarga di hari H, hingga cerita rumah tangga yang penuh tantangan tentu dapat menjadi hal yang relatable bagi Anda, para calon mempelai yang sedang mencari hiburan di tengah kesibukan wedding planning di rumah. Selamat menonton!

1. Kapan Kawin (2015)

Adinia Wirasti berperan sebagai Dinda, wanita karier di usia 30-an yang mendapat tekanan dari orang tuanya untuk segera menikah. Untuk menyiasatinya, ia pun menyewa seorang aktor bernama Satrio (Reza Rahadian) untuk menjadi kekasih bayarannya saat harus pulang ke kota asalnya untuk menemui keluarganya.


2. Teman tapi Menikah 2 (2020)

Film ini berkisah tentang kehidupan dua sahabat Ayu dan Ditto yang kini naik kelas menjadi pasangan pengantin baru. Kehidupan rumah tangga yang baru mereka jalani mendapat ujian ketika Ayu, yang diperankan oleh Mawar de Jongh, hamil. Karena masih dalam proses adaptasi dengan satu sama lain, pasangan muda ini justru kerap bertengkar dan menunjukkan kepribadian asli mereka yang bertolak belakang.


3. Twivortiare (2019)

Pasangan Alexandra dan Beno berusaha memperbaiki hubungan saat mereka menikah dengan satu sama lain untuk kedua kalinya, setelah sebelumnya berpisah dan bercerai. Namun rupanya, pernikahan yang kedua ini bukannya mulus dan tanpa rintangan. Kisah yang diangkat dari novel karya Ika Natassa ini menghadirkan Reza Rahadian yang kali ini dipasangkan dengan Raihaanun.


4. Milly & Mamet (2018)

Bertahun-tahun setelah menjadi anggota geng Cinta di film Ada Apa dengan Cinta, tokoh Milly yang diperankan oleh Sissy Priscillia kini telah menjadi seorang ibu rumah tangga dengan satu anak bersama sang pujaan hati, Mamet. Film komedi romantis ini mengangkat realita wanita karier yang rindu akan pekerjaannya saat harus beralih mengurus urusan domestik dan bagaimana hal itu memengaruhi dinamika hubungan rumah tangganya, belum lagi saat ada sosok baru yang datang dan dicurigai berpotensi menjadi pihak ketiga.


5. Wedding Agreement (2019)

Bian rela dijodohkan dengan seorang gadis bernama Tari demi menyenangkan hati ibunya, padahal ia telah 5 tahun berpacaran dengan kekasihnya, Sarah. Untuk itu ia membuat sebuah kesepakatan pernikahan di mana Tari harus setuju bercerai setelah menikah selama satu tahun. Dengan tekad yang bulat, Tari berusahan mempertahankan rumah tangganya dan merebut hati Bian dari Sarah.


6. 7 hari 24 Jam (2014)

Dian Sastrowardoyo dan Lukman Sardi berperan sebagai pasangan suami istri yang jarang bertemu karena kesibukan masing-masing. Mereka akhirnya terpaksa menghabiskan waktu bersama saat harus menjalani perawatan di rumah sakit di ruang opname yang sama.



7. My Big Fat Greek Wedding (2002)

Film komedi romantis ini mengangkat cerita cinta Toula yang berdarah Yunani dan mendapat desakan dari keluarga besarnya untuk segera menikah karena sudah menginjak usia matang. Tapi ketika Toula jatuh cinta dengan pria keturunan Italia bernama Ian, keluarganya pun kembali meributkan perbedaan ini. Proses wedding planning keduanya pun mendapat tantangan dari berbagai pihak. Bagi Anda yang memiliki pasangan dengan latar budaya berbeda, pasti merasa relate saat melihat bagaimana keduanya berusaha mewujudkan pernikahan impian.


8. Runaway Bride (1999)

Tokoh Maggie yang diperankan oleh Julia Roberts, memiliki sejarah meninggalkan tiga calon suaminya di altar pernikahan karena memiliki ketakutan untuk berkomitmen. Richard Gere yang bermain sebagai Ike, adalah seorang kolumnis berita yang penasaran akan sosok Maggie dan ingin mengenalnya lebih dekat untuk kepentingan artikelnya. Rupanya Maggie memang memiliki pesona yang sulit ditolak oleh para pria, termasuk Ike.


9. Father of the Bride (1991)

Galau dan sedikit tak rela mengetahui gadis kecilnya akan menikah, George menghadapi banyak tantangan saat harus mempersiapkan pernikahan ini. Termasuk membayar semua tagihannya! Film ini menyoroti romantisme hubungan ayah-anak yang indah, kadang lucu dan juga mengharukan. Cocok untuk ditonton bersama ayah tercinta menjelang hari pernikahan!


10. 27 Dresses (2008)

Tak hanya sekali atau dua kali, Jane Nichols telah mendapat tugas menjadi bridesmaid sebanyak 27 kali! Jane tak keberatan karena ia memang terobsesi dengan segala hal berbau pernikahan. Ia bahkan menawarkan diri untuk mengurus semua keperluan saat sang adik akan menikah. Obsesinya ini menarik minat seorang wartawan tampan yang ironisnya, memiliki pandangan buruk tentang pernikahan.


11. Bride Wars (2009)

Dua sahabat Liv dan Emma tadinya bersemangat saat keduanya sama-sama dilamar dan akan menikah. Tapi perebutan wedding venue di tanggal populer membuat mereka justru bersaing hingga tega menyabotase proses wedding planning satu sama lain.


12. A Christmas Prince: The Royal Wedding (2018)

Apakah Anda sering bermimpi akan menikah dengan seorang pangeran kerajaan yang tampan? Jika iya, film ini sangat cocok untuk Anda! Terlebih dengan setting musim dingin dan natal yang meriah, Anda akan terbawa dengan perjalanan Amber merencanakan pernikahan dengan sang pangeran dan mempersiapkan diri untuk menjadi ratu sebuah negara kecil.


13. Monster-in-Law (2005)

Charlie berencana menikah dengan kekasihnya, Kevin, namun terganjal oleh restu dari calon ibu mertuanya. Viola, sang camer berusaha sekuat tenaga untuk menggagalkan hubungan keduanya, namun Charlie pun tak patah semangat dan bertekad mewujudkan pernikahannya, meski itu berarti ia dan Viola harus saling berbalas dendam.


14. Crazy Rich Asian (2018)

Rachel tak menyangka bahwa ajakan sang kekasih, Nick, untuk menemaninya ke pernikahan sahabatnya di Singapura juga berarti ia akan menjadi target empuk bagi para wanita yang mengincar hati Nick di sana. Rupanya, tak hanya tampan, Nick juga merupakan calon pewaris kekayaan yang luar biasa. Selain senyum Henry Golding yang memesona, adegan pernikahan ikonik di Chjimes juga menjadi daya tarik utama film ini.


15. Mamma Mia! (2008)

Yang satu ini adalah film pernikahan favorit para pecinta musikal. Dibintangi oleh Meryl Streep, Amanda Seyfried, Pierce Brosnan, dan bintang legendaris lainnya, film ini juga menampilkan pemandangan pulau di Yunani yang luar biasa indah. Anda pun akan diajak mengikuti perjalanan Sophie menemukan sang ayah menjelang hari pernikahannya, sembari menikmati lagu-lagu populer dari ABBA.


16. Love, Wedding, Repeat (2020)

Saat berusaha membuat hari pernikahan adik perempuannya berjalan lancar, Jack justru harus berurusan dengan sang mantan pacar yang merepotkan, pria yang ingin mengacaukan pesta, obat tidur yang hilang, dan gadis cantik yang menyimpan perasaan kepadanya.


17. License to Wed (2007)

Anda yang sedang mengurus pernikahan di gereja pasti tak asing dengan kelas persiapan pranikah. Di film ini, Mandy Moore dan John Krasinski berperan sebagai pasangan calon pengantin yang harus mentaati serangkaian aturan dari sang pendeta yang menjadi pembimbing kursus persiapan pernikahan mereka. Mampukan mereka melewati ujian yang diberikan?


18. Destination Wedding (2018)

Dibintangi oleh Keanu Reeves dan Winona Ryder, film ini berkisah tentang dua orang yang bertemu di perjalanan menuju sebuah destination wedding. Mereka yang memiliki kepribadian yang bertolak belakang terpaksa menjalani akhir pekan tersebut bersamaan sehingga menimbulkan berbagai intrik dan drama.


19. The Vow (2012)

Film ini bercerita tentang perjuangan seorang suami untuk membuat istrinya, yang mengalami amnesia setelah sebuah kecelakaan, kembali mengingatnya. Ia berusaha menciptakan kembali momen-momen indah mereka dengan harapan hal itu akan mengembalikan ingatan sang istri. Di sisi lain, keluarga sang istri yang menentang pernikahan mereka, berusaha menggagalkan usaha tersebut.


20. Monsoon Wedding (2001)

Budaya, tradisi, dan masalah keluarga bercampur jadi satu dalam film bertema pernikahan adat India ini. Percampuran unsur komedi dan melodrama menjadi daya tarik utama dalam adegan-adegan persiapan pernikahan sepasang calon pengantin yang dijodohkan di kala monsoon, yang juga dikenal sebagai musim nikah.


21. A Walk to Remember (2002)

Tentu kita tidak dapat membuat daftar film romantis tanpa menyertakan film adaptasi novel Nicholas Sparks di dalamnya. Mandy Moore berperan sebagai Jamie, gadis yang dianggap culun di sekolah, sedangkan Shane West bermain sebagai Landon, pria populer yang awalnya enggan menjalin hubungan dengan Jamie. Seperti kebanyakan cerita karya Nicholas Sparks, film ini memiliki akhir kisah yang dapat membuat Anda membutuhkan sekotak tisu.


22. The Princess Diaries 2: Royal Engagement (2004)

Setelah dikejutkan dengan fakta bahwa ia adalah seorang putri kerajaan di film pertama, Mia Thermopolis kini mendapat 'tugas' untuk mencari calon suami untuk mendampinginya sebagai syarat untuk menjadi ratu Genovia. Simak proses pencarian jodoh untuk Putri Mia di film yang dibintangi oleh Anne Hathaway ini.


23. The 8-Year Engagement (2017)

Film yang berasal dari Jepang ini berkisah tentang pasangan Mai dan Hisashi yang merencanakan sebuah pernikahan, namun harus tertunda 8 tahun lamanya akibat sebuah penyakit yang diderita Mai. Meski demikian, Hisashi tetap setia mendampingi sang tunangan melewati berbagai tantangan agar kembali menjadi dirinya yang sehat seperti sedia kala.


24. Goliyon Ki Rasleela Ram-Leela (2013)

Kisah romantis tragis Bollywood ini terinspirasi dari cerita Romeo dan Juliet. Namun kali ini perjuangan pasangan Ram dan Leela dalam menjalin cinta di tengah persaingan dua klan keluarga mereka diisi dengan nyanyian, tarian, dan warna-warna yang vibran khas film India.


25. Can't Help Falling in Love (2017)

Film asal Filipina ini bercerita tentang Gab, seorang gadis 'sempurna' yang telah berencana menikah dengan tunangannya, namun pernikahan itu terancam gagal karena kejadian di satu malam di mana ia justru menikah dengan orang asing dalam keadaan mabuk. Gab pun berusaha segera menceraikan Dos, suami dadakannya itu agar tetap dapat mewujudkan pernikahan impiannya.


26. On Your Wedding Day (2018)

Cerita dalam film dari Korea Selatan ini bermula saat Woo Yeon dan Seung Hee menjadi teman satu sekolah dan menjalin sebuah hubungan romantis. Dalam rentang waktu 10 tahun, hubungan mereka mengalami berbagai pasang surut dan berperan dalam membentuk karakter keduanya saat beranjak dewasa.



Temukan inspirasi pernikahan, pilihan vendor baru dan terbaik, serta beragam artikel menarik seputar tren dan hubungan pernikahan. Download aplikasi Bridestory sekarang di App Store dan Google Play Store

Post Your Comment

READ [[ blogCommentsCtrl.commentsCount ]] Comments

[[ comment.createdAt | amDateFormat : 'll | HH:mm' ]]

[[ comment.account.data.accountable.data.displayName ]] [[ comment.account.data.accountable.data.displayName ]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]

Show