Blog / Wedding Ideas / Tanggal Beruntung untuk Menikah di Tahun 2024, Menurut Kalender Tionghoa

Tanggal Beruntung untuk Menikah di Tahun 2024, Menurut Kalender Tionghoa

Color:
Add To Board
tanggal-beruntung-untuk-menikah-di-tahun-2024-menurut-kalender-tionghoa-1

Calon pengantin, memilih tanggal pernikahan menjadi salah satu proses perencanaan yang perlu dipertimbangkan dengan cermat. Tidak mudah memang menentukan kapan waktu yang dirasa tepat untuk bertukar janji suci. Setidaknya, ketika Anda baru saja akan memilih tanggal pernikahan, ada begitu banyak faktor pertimbangan yang tidak boleh diabaikan begitu saja, mulai dari ketersediaan vendor atau tempat pernikahan, perkiraan musim, jadwal keluarga atau kerabat, penyesuaian jumlah anggaran, hingga tanggal-tanggal tertentu yang mungkin memiliki makna simbolis dari suatu kebudayaan.

Dengan kata lain, ada begitu banyak orang yang memilih tanggal pernikahan berdasarkan kepercayaan atau tradisi tertentu, seperti calon pengantin berketurunan Tionghoa yang menentukan tanggal pernikahan mereka dengan memperhitungkan kalender Cina. Hal ini karena kalender lunar memainkan peran yang cukup esensial dalam memilih tanggal untuk berbagai acara penting, termasuk pernikahan. Mereka meyakini bahwa pemilihan tanggal yang sejalan dengan kalender lunar dapat membawa kebahagiaan, keberuntungan, dan kesuksesan bagi kehidupan rumah tangga mereka kelak.

Beberapa pertimbangannya adalah dengan melihat lambang hewan, elemen, ataupun unsur astrologi yang berkaitan erat dengan tanggal tersebut. Walaupun tidak semua pasangan berdarah Tionghoa memilih tanggal pernikahan dengan merujuk pada kalender lunar, namun sebagian dari mereka tetap menghormati tradisi ini dan memasukkan ragam unsur budaya Tionghoa dalam perencanaan pernikahan impian mereka. Keputusan ini sering kali dipengaruhi oleh nilai-nilai budaya yang diyakini oleh pasangan atau pihak keluarga.

Tanggal Beruntung untuk Menikah di Tahun 2024, Menurut Kalender Tionghoa Image 1
Akreditasi: Venema Pictures

Tanggal Pernikahan Paling Beruntung di 2024 Menurut Kalender Cina

Sistem lunisolar, yang mengandalkan observasi bujur matahari dan fase bulan sebagai acuan utama, menjadi landasan bagi banyak masyarakat keturunan Tionghoa dan budaya Asia Timur dalam menentukan tanggal keberuntungan mereka, terutama saat merencanakan pernikahan. Berikut pilihan tanggal pernikahan yang diprediksi mampu membawa keberuntungan di tahun 2024 berdasarkan kalender Cina:

  • Menurut kalender zodiak Tionghoa, 8 Agustus di tahun 2024 dianggap sebagai hari yang paling beruntung untuk melangsungkan pernikahan. Hal ini karena angka delapan dalam perspektif budaya Asia melambangkan ketidakterbatasan, dan ketika diterapkan dalam konteks pernikahan, angka tersebut mencerminkan cinta yang tanpa batas antara dua individu. Kedudukan bulan Agustus yang menjadi bulan kedelapan dalam satu tahun juga dinilai sebagai bentuk dampak positif bagi keberlangsungan hubungan pasangan pengantin.
  • Selain 8 Agustus, bulan-bulan lainnya yang paling dianggap beruntung adalah Mei, Juli, Agustus, Oktober, dan November. Sementara tanggal-tanggal yang dianggap mampu membawa keberkahan terletak pada 2, 8, 13, 14, 17, 20, 25, dan 29. Dengan demikian, Anda memiliki opsi untuk mengombinasikan tanggal dan bulan yang diinginkan, seperti misalnya 20 Juli atau 14 Oktober, untuk menetapkan tanggal pernikahan yang dianggap memiliki pengaruh terhadap keberuntungan dan kesuksesan.
  • Di balik angka-angka keberuntungan tersebut, ternyata budaya Cina juga mengenal kepercayaan angka sial. Beberapa negara Asia menganggap angka 4 sebagai lambang kesialan dan mampu membawa malapetaka. Berdasarkan informasi dari laman Bloomberg, keyakinan tentang kesialan angka 4 berasal dari ramalan feng shui tradisional Cina. Angka ini dianggap sebagai pembawa kesialan lantaran dalam pelafalannya terdengar mirip seperti kata 'kematian'. Itulah mengapa sebagian pengantin berketurunan Tionghoa cenderung menghindari angka empat, baik itu pada bulan keempat (April) atau hari keempat setiap bulannya. Karena diyakini dapat membawa nasib buruk dalam konteks pernikahan dan seringkali diasosiasikan dengan kematian.

Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now